Phone

0811-6529-808

Email

pt.sinarbaja.medan@gmail.com

Waktu Operasional

Senin s/d Jumat: 8AM - 5PM

Supplier Besi Baja Murah Di Medan, Jual Besi H Beam Murah. Untuk Anda yang sedang mencari Harga Jual Besi H Beam Murah di Medan Silahkan Hub : 08126067928.

Besi H Beam
Besi H Beam

Besi H Beam merupakan salah satu balok baja yang sering juga disebut dengan hot rolled. Umumnya besi ini dilengkapi dengan penampang yang berbentuk H dan sering dipergunakan untuk struktur bangunan, tiang pancang dan komposit beton. Material ini sering disebut dengan H karena bentuknya yang menyerupai huruf H.

Fungsi Besi H Beam

Secara umum Besi H Beam maupun I beam IWF juga memiliki fungsi dan kegunaan yang sama. Tetapi ternyata kedua material tersebut memiliki perbedaan yang mencolok. Besi H Beam memiliki luas flens yang lebih lebar dan panjang disbanding besi I beam.

Konstruksi Besi H Beam adalah batang besi yang berbentuk H untuk digunakan sebagai penahan beban tertentu dari tekanan. Material Besi H Beam memiliki fungsi yang signifikan dilihat dari penggunaanya, seperti untuk tiang besi penyangga.

Dari kebanyakan steel contruction menggunakan wide flange atau Besi H Beam. Penggunaan ini bermaksud untuk membuat tiang besi lebih kuat dan kokoh tidak mudah ambruk. Besi H Beam juga sering sekali digunakan dalam pengaplikasian pada rel kereta api dengan ketebalan khusus.

Dengan ketebalan khusus Besi H Beam digunakan dalam rel untuk menahan beban dari kereta yang melaju diatasnya. Semakin majunya perkembangan, Besi H Beam juga diterapkan sebagai besi berbahan anti karat yang jauh lebih kuat dari besi lainnya.

Ukuran Besi H Beam

Ukuran dari Besi H Beam ini tidak sebanyak dari pada besi pada umumnya. Sebelum memutuskan membeli bahan bangunan, sebaiknya anda mencari referensi informasi mengenaik kualitas dan harga materialnya. Pastikan juga anda memilih ukuran dan juga jenis yang tepat sesuai dengan kebutuhan bangunan anda. Berikut ini referensi ukuran yang bisa anda pakai dan pelajari sebelum membeli :

No Ukuran (mm) Panjang (m) Berat/ M1 (Kg)
1 L100x100x6x8 12 17.167
2 L125x125x5x7 12 18.500
3 L125x125x6.5×9 12 23.833
4 L150x150x7x10 12 31.500
5 L175x175x7x11 12 40.167
6 L200x200x8x12 12 49.917
7 L250x250x9x14 12 72.417
8 L300x300x10x15 12 94.000
9 L250x350x12x19 12 137.000
10 L400x400x13x21 12 172.000

Bahan baku dari Besi H Beam haruslah terbuat dari bahan yang tidak mudah rapuh. Karena fungsi Besi H Beam adalah sebagai bahan penopang kontruksi yang mempunyai berat beban. Jika tidak kokoh dan kuat maka benda atau kontruksi yang ditopang diatasnya pasti akan roboh.

Besi H Beam ini biasanya banyak dipergunakan untuk keperluan dalam kontruksi. Contohnya digunakan untuk kontruksi balok, tiang pancang, kolom, pembangunan jalanan dan jempatan dan juga masih banyak yang lainya. Kontruksi menggunakan Besi H Beam ini merupakan salah satu material yang cukup penting. Perannya sangan vital dalam bahan bangunan dan kontruksi pembangunan.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya flange adalah dua baja pengapit (sering juga disebut sebagai bagian kuping), sedangkan web adalah baja yang terletak di tengah. Untuk baja H beam, ukuran flangenya lebih lebar dari baja I beam. Jadi pada baja H beam jarak antara ujung kiri dan ujung kanan flange dengan web yang berada tepat di tengah lebih jauh dibandingkan jarak antara ujung kiri dan ujung kanan flange dengan web pada baja I beam.

Panjang baja

Baja H beam lebih fleksibel karena baja H beam bisa dibentuk menjadi berbagai ukuran. Jika Anda membutuhkan baja yang lebih panjang dari ukuran standar, maka baja H beam adalah pilihan yang cocok. Baja H beam bisa dibuat hingga mencapai panjang 330 kaki. Sedangkan ukuran panjang I beam lebih terbatas. Ukuran panjang maksimum yang bisa dibuat dari baja I beam adalah 100 kaki. Lebih panjang dari itu maka daya topang baja I beam akan berkurang.

Metode pembuatan

Meskipun bentuk kedua baja sama tapi ternyata metode pembuatan I beam dan H beam berbeda. Baja I beam dibuat dengan metode rolling. Metode rolling adalah metode pembentukan metal dimana baja yang akan dibentuk dimasukkan ke suatu alat yang akan menggiling baja tersebut sampai ketebalan baja sesuai dengan yang ditentukan.

Metode rolling sama seperti Anda menggiling adonan kue dengan rolling dimana adonan digiling supaya jadi tipis. Metode rolling inilah yang membuat flange I beam lebih kecil dari H beam. Ukuran I beam juga tergantung pada kapasitas mesin rolling yang dimiliki pabrik manufakturnya.

Kalau baja H beam lebih banyak dibuat dengan metode built up daripada metode rolling dimana flange dan web dibuat terpisah baru ditempel membentuk baja H beam. Makanya ukuran baja H beam lebih bervariasi berdasarkan dimensi lebar dan tingginya.

-web

Baja I beam dibuat dengan metode rolling dimana bagian flange dan web dibentuk dalam satu produksi. Buktinya bisa Anda perhatikan di area sambungan antara flange dan web. Di sana terdapat semacam lekukan yang menyatukan flange dan web, lekukan ini disebut bevel, yang membuat flange dan web menjadi satu kesatuan.

Kalau baja H beam, dua plat baja yang akan menjadi flange diposisikan mengapit di plat baja yang akan menjadi web. Lalu ketiganya dilas agar saling menempel sehingga membentuk H beam. Makanya kalau Anda perhatikan di area sambungannya Anda bisa melihat jelas bahwa H beam terdiri dari 3 plat baja yang saling ditempelkan.

Itulah perbedaan-perbedaan mendasar antara I beam dan H beam. Sekilas memang tidak tampak perbedaan kecuali jika Anda memperhatikannya dengan seksama. Tapi sekarang setelah Anda mengetahui perbedaan ini, Anda tentu tidak akan bingung lagi saat membeli baja I beam atau H beam.

Untuk bahan material yang digunakan pada proses pembuatan, tiap pabrik manufaktur memiliki resep masing-masing, begitu juga dengan harganya. Pastikan Anda bertanya terlebih dahulu pada distributor resmi bagaimana kualitas bahan baja I beam atau baja H beam sebelum Anda memutuskan membelinya.

Demikian informasi mengenai Jual Besi H Beam Murah di Medan. Silahkan kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi & Harga jual besi dan baja. Segera hubungi kami : Supplier Besi Baja.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *