Phone

0811-6529-808

Email

pt.sinarbaja.medan@gmail.com

Waktu Operasional

Senin s/d Jumat: 8AM - 5PM

Supplier Besi Baja Murah di Medan, Harga Besi Cakar Ayam Murah. Untuk Anda yang sedang mencari Harga Besi Cakar Ayam Murah di Medan Silahkan Hub : 08126067928.

Besi Cakar Ayam
Besi Cakar Ayam

Pengertian Besi Cakar Ayam

Besi cakar ayam adalah salah satu bahan bangunan yang sangat diminati oleh banyak orang. Semua itu karena cakar ayam memiliki fungsi penting dalam sebuah pondasi bangunan. Jika semakin kokoh bangunannya makan akan semakin kuat dan awet pula bangunan tersebut. Pondasi cakar ayam terbuat dari bahan besi beton yang tersusun rapi menjadi persegi empat. Ukuranya juga disesuaikan dengan jenis banguna yang bertingkat atau tidak.

Zaman sekarang ini besi cakar ayam menjadi salah satu kebutuhan yang wajib untuk setiap bangunan. Karena dengan menggunakan cakar ayam, bangunan akan semakin kuat dan juga kokoh. Bangunan cakar ayam yang kuat akan mampun menopang berat dari bangunan. Untuk anda yang sedang mencari besi cakar ayam untuk bengunan.

Pondasi besi cakar ayam terdiri dari plat beton yang memmiliki tulang dengan ketebalan 10-15 cm. Ketebalan tersebut tergantung kepada jenis konstruksinya dan juga keadaan tanah yang ada di bawahnya. Untuk bagian bawah plat beton dibuat sumur pipa dengan jarak sumbu sekitar 2-3 m, diameter pipa 1,20 m, tebal 8 cm. Panjangnya tergantung pada beban diatasnya dan juga plat yang dipakai tulang ganda. Sistem pondasi menggunakan cara ini dapat digunakan pada tanah yang lunak maupun keras.

Tulang besi yang terdapat pada cakar ayam sangat dibutuhkan dalam sebuah bangunan. Terlebih kalau bangunan yang di inginkan memiliki konsep rumah dengan satu lantai atau lebih. Pembuatan tulang besi tersebut penting dalam pondasi cakar ayam dan harus dilakukan dengan anjuran dari konsultan. Semakin tinggi bangunan tersebut maka akan semakin besar juga ukuran besi cakar ayam yang akan digunakan pada besi beton.

Komponen Penting Besi Cakar Ayam

Telapak Beton

Telapak Beton yang ada di cakar ayam sangat baik digunakan untuk beban yang merata. Pondasi dengan cara seperti ini mampu mendukung beban 500-600 ton per kolomnya. Pada bagian bawah kolom tersebut dibuatkan telapak beton yang dapat mengurangi tegangan geser pada plat beton. Jika beban terpusat, maka tebal plat beton yang berada di bawah pusat. Beban tersebut ditentukan oleh besarnya daya geser bukan oleh besarnya momen. Untuk itu dilakukan penambahan pertebalan plat beton yang berada di bawah kolom tersebut.

Paten

Pondasi menggunakan system besi cakar ayam memang sangat sederhana dan cocok sekali diterapkan di daerah mana saja. Sampai batas tertentu system ini bisa menggantikan pondasi dengan tiang pancang. Contohnya digunakan digunakan dalam gedung berlantai 3-4, system ini biayanya akan sama dengan pondasi tiang pancang 12 meter. Semakin panjang tiang pancang yang dipakai maka akan semakin banyak pula biayanya. Menggunakan cakar ayam dengan kemampuan yang sama dapat menghemat biaya sampai 30%.

Meski pembuatan cakar ayam ini cukup rumit, tetapi pasti sangat dibutuhkan dalam sebuat bangunan terutama untuk gedung bertingkat. Tujuan utama dalam pembangunan menggunakan cakar ayam ini adalah untuk memperkuat pondasi bangunan. Pembuatan pondasi bangunan yang kuat akan dapat menahan beban berat dengan cukup baik.

Jenis-Jenis pondasi dangkal

1.Pondasi Pasangan Batu Kali Menerus

Pondasi Batu Kali adalah Jenis Pondasi yang Strukturnya terbuat dari Pasangan Batu Kali yang disusun sedemikian rupa sehingga berdiri kokoh bahkan mampu untuk menahan beban dinding batu bata rumah atau pagar di atasnya.

Pondasi ini digunakan pada bangunan sederhana yang kondisi tanah aslinya cukup baik. Biasanya kedalaman pondasi ini antara 60-80 cm. Dengan lebar tapak lebih kurang sama dengan tingginya.

Kebutuhan bahan baku untuk pondasi ini adalah :

  • Batu belah (batu kali/guning)
  • Pasir pasang
  • Semen PC (abu-abu)

Kelebihan

  • Pelaksanaan pondasi mudah
  • Waktu pengerjaan pondasi cepat
  • Batu belah mudah didapat, (khususnya pulau jawa)

Kekurangan

  • Batu belah di daerah tertentu sulit dicari
  • Membuat pondasi ini memerlukan cost besar (bila sesuai kondisi pertama)
  • Pondasi ini memerlukan biaya lebih mahal jika untuk rumah bertingkat.

2.Pondasi Telapak/Footplat

Pondasi ini terbuat dari beton bertulang dan letaknya tepat di bawah kolom/tiang dan kedalamannya sampai pada tanah keras. Pondasi tapak ini dapat dikombinasikan dengan pondasi batu belah/kali. Pengaplikasiannya juga dapat langsung menggunakan sloof beton dengan dimensi tertentu untuk kepentingan pemasangan dinding. Pondasi ini juga dapat dipersiapkan untuk bangunan di tanah sempit yang akan dikembangkan ke atas.

Kebutuhan Bahannya adalah:

  • Batu pecah / split (2/3)
  • Pasir beton
  • Semen PC
  • Besi beton
  • Papan kayu sebagai bekisting (papan cetakan)

Kelebihan :

  • Pondasi ini lebih murah bila dihitung dari sisi biaya
  • Galian tanah lebih sedikit (hanya pada kolom struktur saja)
  • Untuk bangunan bertingkat penggunaan pondasi foot plate lebih handal daripada pondasi batu belah.

Kekurangan :

  • Harus dipersiapkan bekisting atau cetakan terlebih dulu (Persiapan lebih lama).
  • Diperlukan waktu pengerjaan lebih lama (harus menunggu beton kering/ sesuai umur beton).
  • Tidak semua tukang bisa mengerjakannya.
  • Diperlukan pemahaman terhadap ilmu struktur.
  • Pekerjaan rangka besi dibuat dari awal dan harus selesai setelah dilakukan galian tanah.
  1. Pondasi Telapak Menerus

Pondasi telapak menerus adalah pondasi telapak yang dibuat memanjang sepanjang dinding. Ini adalah versi menerus dari pondasi footplat.

4.Pondasi Umpak

Umumnya dipakai pada bangunan sederhana yang terbuat dari rangka kayu dengan dindin dari papan. Pondasi umpak dijumpai pada rumah kayu, rumah-rumah adat, rumah jaman dulu. Pondasi jenis ini masih bisa ditemui di perdesaan, yang mayoritas rumahnya masih berstruktur kayu.

Pondasi umpak merupakan pondasi setempat, terletak di bawah kolom kayu atau bambu. Biasanya menggunakan material batu kali yang dipahat, pasangan batu ataupun pasangan bata. Berhubung rumah seperti itu menggunakan material kayu sebagai struktur utamanya, berat sendiri bangunan cukup ringan, sehingga pondasi ini cukup kuat untuk meneruskan beban ke tanah.

Ciri-ciri pondasi umpak

  • Pondasi setempat/umpak yang dimaksudkan di dalam pedoman teknis ini adalah pondasi umpak yang terbuat dari beton kosong (tanpa tulangan) campuran 1PC : 1 1/2 Psr : 2 1/2 Krl.
  • Bentuk pondasi umpak adalah prisma terpancung dengan ukuran penampang atas 25 cm x 25 cm, penampang bawah 60 cm x 60 cm, dan tinggi 90 cm
  • Bagian yang tertanam dari pondasi umpak sekurang-kurangnya 30 cm atau sampai tanah keras. Jarak maksimum antar pondasi adalah 1,5 m.
  • Pembuatan papan duga (bowplang) sebagai acuan penempatan harus dibuat sedemikian rupa sehingga setiap baris pondasi berada tepat dibawah sumbu memanjang balok, seperti ditunjukkan pada Gambar 15
  • Setiap pondasi umpak harus terikat satu sama lain dengan balok pengikat

Demikian informasi mengenai Jasa Kontraktor Bangunan. Silahkan kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jasa fabrikasi.

PT. Sinartech Multi Engineering
Pasar 9 Jl. Primer No.12, Helvetia, Labuhan Deli

Kota Medan – Sumatera Utara

Kami juga menerima pemesanan jasa di luar Kota Medan seperti Pekan Baru, Palembang, Jambi dan Aceh dan Sekitarnya.

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *