Phone

0811-6529-808

Email

pt.sinarbaja.medan@gmail.com

Waktu Operasional

Senin s/d Jumat: 8AM - 5PM

Supplier Besi Baja di Medan, – Jasa Hot Dip Galvanis , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Jasa Hot Dip Galvanis di Medan

Hot Dip Galvanis
Hot Dip Galvanis

Hot Dip Galvanis merupakan proses dalam pelapisan dengan cara celum panas dimana logam pelapisnya dipanaskan dahulu hingga cair. Lalu logam tersebut dicelupkan kedalam bak galvanis yang berisi cairan pelapis. Sehingga logam tersebut akan terlapisi dalam ikatan yang kuat dan tersusun berlapis dengan disebut frasa. Melapisi logam dengan menunakan metode Hot Dip Galvanis ini sering juga disebut dengan galvanic.

Proses Hot Dip Galvanis

1. Persiapan

Dalam persiapan ini dapat difungsikan untuk menghilangkan asam/basa. Bahan tersebut merupakan bahan pengotor yang menempel di specimen. Proses ini akan membersihkan bermukaan dan memperoleh hasil lapisan yang baik. Pembersihan pada permukaan yang akan dilapisi dilakukan sesuai dengan kotoran yang menempel dalam permukaan specimen. Proses pembersihan ini dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu :

  • Pembersihan fisik (mekanik)

Cara pertama ini bisa berupa pengamplasan dengan menggunakan gerindra untuk menghaluskan permukaan tidak rata. Serta dapat juga untuk membersihkan goresan dan juga beram yang lainya pada specimen.

  • Pembersihan Kimia

Cara kedua dengan memanfaatkan bahan kimia dalam proses pembersihannya. Proses dengan cara ini meliputi :

  • Degreasing, proses untuk menghilangkan kotoran dari lemak, car dan kotoran padat lainya. Dengan cara menunggu larutan NaOH berkonsentrasi 5%-10% di suhu 70C-90C kurang ebih 10 menit.
  • Rising I, bertujuan untuk membersihkan soda kaustik yang masih menempel dalam proses sebelumnya. Caranya dengan menggunakan air bersih dengan temperature kamar.
  • Pickling, digunakan untuk menghilangkan karat yang melekat pada permukaan. Caranya dengan dicelupkan kedalam larutan HCI dengan konsentrasi 10%-15% elama 20 menit.
  • Rising II, untuk membersihkan larutan HCI yang masih menmpel dalam proses sebelumnya menggunakan air bersih.
  • Fluxing, mengunakan Zinc Amonium Clorida dengan konsentrasi 20%-30% selama kurang lebih 8 menit. Tujuan Fluxing adalah untuk lapisan dasar sebagai penguat lapisan seng, sebagai penghindar adanya oksidasi sebelum proses galvanizing.
  • Drying, proses pengeringan dan pemanasan tahap awal menggunakan panas suhu 150C. Langkah ini bertujuan menghilangkan cairan yang terdapat pada permukaan specimen. Cairan tersebut harus hilang karena dapat menyebabkan ledakan uap saat proses galvaning.

2. Pencelupan (Galvanizing)

Spesimen yang sudah siap dan juga bersih dari segala kotoran kemudian dilakukan proses pencelupan. Dalam proses ini cairan seng akan melapisi baja dengan membentuk lapisan seng terluar. Proses ini menggunakan larutan minimal 98% unsure seng murni yang diakukan selama 1,5 menit dalam suhu 440C-460C. Untuk ketebalannya tergantung pada konsisi permukaan, lama pencelupan dan temperature pencelupan.

3. Pendinginan dan Tahap Akhir

  • Proses pendinginan digunakan proses pencelupan kedalam larutan sodium cormate yang berkonsentrasi 0,015% suhu kamar. Ini bertujuan agar mencegah terjadinya white rust.
  • Tahap akhir, bagian ini merupakan penghalusan permukaan yang runcing. Ini disebabkan karena cairan seng yang menetes tetapi mongering terlebih dahulu.

Proses Hot Dip Galvanis melalui perjalanan yang panjang hingga menghasilkan kualitas terbaik. Besi yang tengah menggunakan proses galvanizing Hot Dip Galvanis akan awet dan tahan lama anti karat dan korosi.

Kondisi permukaan

Permukaan benda kerja harus dibersihkan sebelum dicelupkan ke dalam cairan seng. Metode pembersihan permukaan yang disarankan adalah metode pengasaman (acid pickling). Pengasaman yang berlebihan harus dihindari.

Kontaminan permukaan yang tidak dapat dihilangkan dengan pengasaman, contohnya lapisan karbon (seperti residu minyak), minyak, gemuk, cat, kerak las dan ketidakmurnian lainnya harus dihilangkan sebelum diasamkan. Tanggung jawab untuk kondisi tersebut harus disepakati antara pihak pemakai dan pabrik galvanis.

Hasil coran harus sebebas mungkin dari porositas permukaan, dan lubang–lubang penyusutan harus dibersihkan dengan semburan pasir (shot blasting).

Pengaruh kekasaran permukaan baja pada ketebalan lapisan galvanis

Kekasaran permukaan baja mempunyai pengaruh pada ketebalan dan struktur lapisan. Pengaruh ketidakrataan permukaan baja pada umumnya tetap kelihatan setelah digalvanis.

Permukaan baja yang kasar sebagai hasil dari penyemburan pasir, gerinda dan lain– lain sebelum diproses pengasaman memberikan suatu ketebalan lapisan yang lebih tebal daripada permukaan yang diperoleh hanya dengan pengasaman saja.

Pemotongan dengan api akan merubah komposisi dan struktur baja pada lokasi yang terpotong, sehingga ketebalan lapisan yang diberikan pada 6.2, dan Tabel 2 serta Tabel 3, sangat sulit untuk dicapai. Dalam rangka untuk mencapai ketebalan lapisan ini, maka permukaan potong harus digerinda oleh pemesan / fabrikator.

Pengaruh elemen reaktif dalam logam dasar terhadap penampilan dan ketebalan lapisan seng

Kebanyakan baja dapat digalvanis dengan hasil yang memuaskan. Beberapa elemen reaktif dalam baja seperti Silicon (Si) dan Phosphor (P) dapat mempengaruhi hasil galvanis. Komposisi permukaan baja mempunyai pengaruh pada ketebalan dan penampilan lapisan galvanis. Pada tingkat komposisi tertentu, Silicon dan Phosphor

Demikian informasi mengenai Jasa Kontraktor Bangunan. Silahkan kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jasa fabrikasi.

PT. Sinartech Multi Engineering
Pasar 9 Jl. Primer No.12, Helvetia, Labuhan Deli

Kota Medan – Sumatera Utara

Kami juga menerima pemesanan jasa di luar Kota Medan seperti Pekan Baru, Palembang, Jambi dan Aceh dan Sekitarnya.

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *