Phone

0811-6529-808

Email

pt.sinarbaja.medan@gmail.com

Waktu Operasional

Senin s/d Jumat: 8AM - 5PM

Supplier Besi Baja Murah di Medan, Jual Besi Stainless Murah. Untuk Anda yang sedang mencari Harga Jual Besi Stainless Murah di Medan Silahkan Hub : 08126067928.

Besi Stainless
Besi Stainless

Besi Stainless adalah sebuah Besi yang terbuat dari logam dan memiliki ketahanan yang cukup tinggi dari serangan korosi atau karat. Jenis Besi ini juga sering dipakai untuk pembuatan bangunan rmah atau pun gedung. Bukan hanya digunakan untuk bangunan gedung saja, tetapi Besi Stainless ini juga di pakai dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga.

Selain sebagai rangkaian bangunan, Stainless juga sering digunakan dalam keperluan industry heat exchangers, general engineering. Dapat juga digunakan dalam industry otomotif, makanan, kimia, farmasi serta minyak dan gas.

Pengunaan Besi Stainless

Besi Stainless telah banyak digunakan dalam kontruksi pembuatanbangunan. Selain itu juga bisa digunakan untuk peralatan rumah tangga. Selain kedua fungsi tersebut bisa juga digunakan untuk:

  • Limbah / Air Lines

Seperti pipa bulat yang memiliki garis panjang yang digunakan untuk mengangkut cairan dengan tekanan yang tinggi. Besi Stainless dapat mengekspos suhu yang tinggi atau yang rendah dan mengurangi dari korosif. Biasanya besi ini dipergunakan dalam transpostasi air minum serta proyek limbah yang besar. Untuk Besi Stainless yang berdiameter kecil digunakan sebagai pipa.

  • Jalur Pipa Gas

Dalam pendistribusian secara luas dalam gas, produksi luar lebih besar sedangkan produksi dalam akan lebih kecil. Besi Stainless yang digunakan sebagai jalur gas ini memiliki dinding yang tipis menggunakan pipa air line. Hal ini akan dapat menahan tekanan yang lebih tinggi dari tekanan gas.

  • Heavy Industri Kerja dan Pembuatan Satelit

Penggunaan Besi Stainless ini tidak terbatas dan dapat diaplikasikan dimana saja. Bukan hanya terbatas digunakan di bumi saja, Besi Stainless juga dapat digunakan sebagai kerangka dalam pembangunan satelit di luar angkasa. Bisa juga diaplikasikan pada menara atau juga tiang untuk multimedia.

Besi Stainless banyak digunakan untuk membangun plafon karena diangap lebih kuat dan kokoh. Jenis besi ini juga memiliki kelebihan lainnya yaitu taha terhadap api, tidak mudah keropos dimakan rayap dan tidak berkarat. Oleh karena itu besi Stainless lebih tahan lama ketimbang menggunakan kayu. Disamping itu semua pemasangan besi Stainless ini jauh lebih mudah dan cepat karena tidak memerlukan keahlian khusus.

Harga Besi Stainless

Harga besi Stainless tergolong lebih ekonomis yang akan membantu biaya perbaikan atap rumah menjadi irit. Untuk mencari jenis besi Stainless ini pun tidaklah sulit, banyak tersebar dikota-kota besar ataupun pedesaan. Besi Stainless juga memiliki beragam ukuran yang akan membantu dalam memilih sesuai keinginan.

Pada umumnya ukuran per batang besi Stainless adalah 6 meter panjangnya. Sedangkan untuk ukuran diameter sangat bervariasi ada yang bentuknya persegi ada juga yang persegi panjang. Ukuranya kira-kira sekitar 15 mm sampai 150 mm dan ketebalannya sekitar 0,6 mm sampai 4 mm.

Banyak orang yang berminat karena memiliki sifat anti karat dan tahan korosi. Proses pemasangan Besi Stainless pun juga sangat mudah dan juga menghemat biaya dan waktu. Pada umumnya Besi Stainless memiliki bentuk yang bulat dengan standart panjang 6 meter.

Alasan Penggunaan Stainless Steel Dalam Industri Pangan

Bahan baja tahan karat ini dipertimbangkan sebagai pilihan utama dalam industri tersebut karena beberapa alasan yaitu sebagai berikut

Memiliki Kontaminasi yang Rendah Terhadap Makanan

Stainless steel memiliki ketahanan yang baik untuk berbagai proses pembuatan makanan dari pencemaran elemen material terhadap makanan atau minuman yang diproduksi.

Dengan memilih grade bahan stainless steel yang tepat, maka kontaminasi logam ke produk olahan makanan dapat dikatakan hampir tidak ada baik dari segi warna makanan maupun perubahan rasa.

Tahan Korosi dan Mudah Dibersihkan

Pada stainless steel high grade, permukaannya yang halus dan materi yang dimilikinya memberikan dampak positif yaitu mudah dibersihkan dari berbagai kotoran dan kontaminasi luar.

Selain itu sifat keras dan ketahanan baja tahan karat juga memudahkan proses pembersihkan komponan.

Sifat bahan yang memiliki ketahanan korosi tinggi memungkinkan pengguna untuk menggunakan bahan pembersih atau desinfektan yang tergolong korosif.

Berdasarkan penelitian dari lembaga riset, disimpulkan bahwa kemampuan bahan baja tahan untuk dibersihkan lebih rendah dibandingkan keramik atau gelas, tetapi lebih tinggi daripada plastik dan aluminium

Mampu Menahan Pertumbuhan Bakteri

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa stainless steel mampu menahan pertumbuhan bakteri hingga 10 kali lipat dibandingkan komponen seperti sink atau bak yang terbuat dari bahan plastik polikarbonat, enamel baja, dan composite mineral – resin setelah mengalami simulasi standardized wear, perlakukan spray wash, dan kontaminasi. Selain itu, baja tahan karat juga memiliki ketahanan abrasi yang tinggi dan impak sehingga memiliki karakteristik yang cukup higienik pada saat penggunaan. Penggunaan produk desinfektan dan pembersih untuk diaplikasikan ke baja tahan karat berdasarkan dari jenis kontaminan.

Sejumlah produk yang mengandung iod, klor, atau asam parasetik memerlukan perhatian khusus. Hal ini karena kandungan tersebut menyebabkan korosi celah bila larutan bekas pembersih ada yang tertinggal di tempat tersembunyi seperti lekukan, celah, atau seals. Kandungan klorine juga dapat menyebabkan korosi retak tegang bila ditemukan pada komponenyang memiliki beban konstan dari luar lewat lingkungan dengan suhu yang tinggi

Memiliki Sifat Mekanik yang Baik

Baja tahan karat memiliki ketahanan dan kekuatan terhadap abrasi yang tinggi. Hal ini memberikan manfaat positif untuk pemakaian aplikasi di industri minuman dan makanan

Aplikasi Stainless Steel di Industri Pangan

Berikut ini adalah aplikasi stainless steel dalam industri pangan

– Industri Susu

Dalam industri susu, pemakaian komponen dari bahan stainless steel sangat dominan untuk semua proses produksi. Susu yang dikirimkan dari peternakan menggunakan jalur pipa sebagai alat pengiriman biasanya menggunakan stainless steel tipe 304. Pipa ini berfungsi untuk menyalurkan susu sampai ke tangki penyimpanan dingin. Bagian dalam tangki penyimpanan biasanya menggunakan tipe 304 tetapi dinding luar atau proses cladding menggunakan stainless steel tipe 430 ferritic grades. Dari peternakan, susu dikumpulkan dengan menggunakan tangki baa tahan karat. Semua komponen ini sudah termasuk dengan jaur pipa, pompa, sistem penfingin, peralatan pembersih, dll

Di pabrik yang memproses produksi susu, komponen yang digunakan semuanya terbuat dari stainless steel meliputi tangki – tangki penyimpanan, perpipaan, pasteurizing plate heat exchanger, pompa, sistem pembersih, dll. Stainless steel tipe 304 biasanya digunakan di dalam komponene – komponen ini. Tetapi heat exchanger plate kadang ada yang menggunakan tipe 316 untuk mencegah terjadinya korosi retak tegang ketika komponen dibersihkan menggunakan larutan desinfektan

Baca Juga : Kegunaan Pipa Putih di Medan

Stainless steel tipe 304 juga digunakan dalam komponen pembuatan margarin. Tetapi stainless steel tipe316 juga digunakan sebagai komponen untuk proses penggaraman keju karena tahan terhadap korosi dari lingkungan kloride atau garam

Industri Minuman

Bahan baja tahan karat juga digunakan dalam industri minuman mulai dari air mineral, jus buah, hingga minuman berkarbonasi atau soda. Stainless steel menjadi pilihan utama untuk komponen – komponen di industri minuman.

Biasanya peralatan tersebut digunakan pada proses treatment dan collection air mineral dan minuman bersoda. Tipe yang digunakan umumnya adalah tipe 304 dan 316, tergantung dari suhu dan tipe air di industri minuman bersoda.

Sementara itu untuk industri minuman jus buah biasanya menggunakan tipe 316 untuk mencegah terjadinya kontaminasi besi dan tembaga yang dapat menurunkan nilai vitamin dan mengubah rasa

– Industri Pengolahan Buah-buahan dan Sayuran

Industri ini biasanya menggunakan komponen stainless steel tipe 304 untuk semua proses produksi. Tetapi, pada proses yang memerlukan panas tinggi menggunakan stainless steel tipe 316 misalnya untuk pengolahan tomat, bagian evaporator menggunakan material tipe 316

Industri Pengolahan Daging

Baja tahan karat digunakan untuk semua komponen produksi seperti proses pemotongan, persiapan, hingga penanganan daging. Hal ini karena material tersebut higienis dan mudah dibersihkan. Biasanya semua aplikasi menggunakan tipe 304 misalnya mesin pemotong, ban berjalan atau conveyors, dan lainnya. Bahan tipe 316 digunakan untuk tempat penampungan dan pengolahan darah. Untuk proses penggaraman daging menggunak

Demikian informasi mengenai Jual Besi Stainless Murah di Medan. Silahkan kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi dan Harga jual besi dan baja. Segera hubungi kami : Supplier Besi Baja.

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *