Phone

0811-6529-808

Email

pt.sinarbaja.medan@gmail.com

Waktu Operasional

Senin s/d Jumat: 8AM - 5PM

Supplier Besi Baja di Medan, – Harga Pipa Stainless , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan. -> Hubungi kami di Wa 08126067928.
Info : Klik Harga Pipa Stainless di Medan

Pipa Stainless
Pipa Stainless

Apa itu Pipa Stainless?

Pipa Stainless adalah sebuah pipa yang terbuat dari logam dan memiliki ketahanan yang cukup tinggi dari serangan korosi atau karat. Jenis pipa ini juga sering dipakai untuk pembuatan bangunan rumah atau pun gedung. Bukan hanya digunakan untuk bangunan gedung saja, tetapi pipa Stainless ini juga di pakai dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga.

Selain sebagai rangkaian bangunan, Stainless juga sering digunakan dalam keperluan industry heat exchangers, general engineering. Dapat juga digunakan dalam industry otomotif, makanan, kimia, farmasi serta minyak dan gas.

Harga pipa Stainless memang tidaklah murah, tetapi banyak orang yang berminat karena memiliki sifat anti karat dan tahan korosi. Proses pemasangan pipa Stainless pun juga sangat mudah dan juga menghemat biaya dan waktu. Pada umumnya pipa Stainless memiliki bentuk yang bulat dengan standart panjang 6 meter.

Tipe Stainless

  • Seamless

Pipa Seamless menurut arti bahasa merupakan pipa yang tanpa menggunakan sambungan. Di dalam prakteknya memang pipa seamless ini adalah pipa yang dibentuk tanpa menggunakan sambungan sama sekali.

Dengan ini maka tidak aka nada bagian dari pipa yang pernah terganggu atau pernah berubah material tersebut karena panas pengelasan. Pipa Seamless ini dibuat dari baja silinder pejal yang proses pelubangannya alam kondisi hamper meleleh. Hal ini sering juga disebut dengan billet.

  • Pipa Seamless

Pipa Seamless ini telah digunakan manusia pada ribuan tahun yang lalu. Penggunaan pipa pertama adalah digunakan untuk mengaliri air dari sungai ke ladang. Di Negara Cina pipa ini digunakan untuk memindah air ke tempat yang diinginkan.

Pemindahan tersebut dulunya menggunakan bamboo sejak 2000 tahun sebelum masehi. Awal abat ke-16 tepatnya pada tahun 1652 dalam membangun bangunan air dibuat boston.

Dibangun menggunakan kayu yang memiliki rongga sebagai pengganti pipa yang belum ditemukan. Tahun 1815, William Murdock memanfaatkan saluran pipa untuk mengalirkan gas batu bara yang dipergunakan untuk penerangan kota London.

  • Welded

Proses pembuatan pipa besi dapat dilakukan dengan banyak sekali metode. Proses pembuatan pipa dengan proses Welded ini sangat popular dan digunakan selama beberapa dekade. Pipa Stoom Welded kalau dilihat dari bahasa Indonesia bisa disebut juga dengan pip alas.

Yang merupakan pipa besi yang proses pembuatannya dengan metode pengelasan. Pipa Stoom Welded ini biasanya terbuat dari plat / strip baja yang disambungkan menggunakan teknik las. Sambungan dari Pipa Stoom Welded ini bermacam-macam yaitu ada yang spiral dan juga ada yang lurus.

Keuntungan Welded

Pipa Stoom Welded memiliki keuntungan dengan dipengaruhi oleh kebutuhan penggunanya. Jadi pemilihan pipa yang sesuai dengan penggunaanya adalah hal utama yang wajib untuk diperhatikan. Beberapa keuntungan menggunakan Pipa Stoom Welded yaitu :

  • Harga Pipa Stoom Welded yang lebih murah disbanding yang lainnya
  • Proses pembuatan Pipa Stoom Welded tergolong lebih sederhana serta memakan waktu yang singkat
  • Permukaan akhirnya akan lebih baik dibagian dalam dan juga bagian luar pipa tersebut
  • Memiliki konsistensi ukuran yang lebih pasti sehingga angka toleransi yang diberikan sama dan lebih cepat dalam penanganan.

Penjelasan Singkat Pipa Stainless Steel

Stainless steel dibicarakan terutama ketika ada masalah korosi atau oksidasi Fungsi dari Stainless Steel tidak dapat diduplikasi oleh bahan lain termasuk biaya. Lebih dari 50 tahun yang lalu, itu ditemukan bahwa minimal 12% kromium akan memberi ketahanan korosi dan oksidasi terhadap baja.

Oleh karena itu, definisi ” Stainless Steel” adalah paduan besi yang mengandung minimal 12% kromium untuk ketahanan korosi. Selanjutnya beberapa sub–kategori penting dari baja tahan karat telah dikembangkan.

Sub–kategori yang austenitik, martensit, feritik, dupleks, precipitation hardening dan paduan super. Grade Austenitic Grade merupakan paduan yang umum digunakan untuk aplikasi Stainless steel. Grade austenitic tidak magnetis.

aduan austenitik paling umum adalah baja ironchromium– nikel dan secara luas dikenal sebagai seri 300. Austenitik stainless steel, mempunyai kandungan kromium tinggi dan nikel, adalah kelompok stainless steel yang paling tahan korosi, memberikan sifat mekanik yang sangat baik.

Stainless Steel tidak bisa mengeras oleh perlakuan panas, tetapi dapat mengeras secara signifikan dengan pekerjaan dingin.

Sifat-Sifat Dasar Baja Precipitation Hardening

Ø Hambatan korosi yang sedang sampai baik

Ø Kemampuan mengelas yang baik

Ø Bersifat magnetic

Ø Dapat dikeraskan

Mengapa Properti dari Stainless Steel begitu berbeda? Sifat dari baja stainless sangat berbeda karena konstituennya. Tingginya kandungan Kromium dalam stainless steel bertanggung jawab untuk tahan korosi propertinya.

Oleh karena itu, stainless steel digunakan untuk keperluan pembuatan alat-alat makan dapur dan peralatan masak harus memiliki jumlah yang lebih tinggi Kromium. Dalam rangka meningkatkan tingkat resistensi lebih lanjut, Nikel digunakan. Molibdenum (Mo) hadir dalam stainless steel membantu dalam mencegah jenis tertentu korosi lokal seperti pitting. Besi yang digunakan untuk pembuatan baja stainless diekstraksi dari bijih mineralnya.

Besi dalam bentuk paling murni, memiliki kecenderungan alami untuk bereaksi dengan udara atmosfer dan air yang mengarah pada pembentukan karat. Meskipun komponen utama stainless steel adalah besi, namun dapat melawan oksidasi.

Hal ini karena, sekarang Kromium dalam stainless steel bereaksi dengan oksigen di udara, untuk membentuk Kromium oksida. Hal ini melekat pada permukaan stainless steel dalam bentuk lapisan, sulit pasif.

Dalam hal permukaan lapisan ini rusak karena beberapa efek kimia atau mekanis, kromium oksida terbentuk, mampu memperbaiki kerusakan. Namun, proses penyembuhan diri dari oksida Kromium akan bekerja hanya jika ada oksigen dalam jumlah yang cukup.

Demikian informasi mengenai Jasa Kontraktor Bangunan. Silahkan kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jasa fabrikasi.

PT. Sinartech Multi Engineering
Pasar 9 Jl. Primer No.12, Helvetia, Labuhan Deli

Kota Medan – Sumatera Utara

Kami juga menerima pemesanan jasa di luar Kota Medan seperti Pekan Baru, Palembang, Jambi dan Aceh dan Sekitarnya.

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *