Phone

0811-6529-808

Email

pt.sinarbaja.medan@gmail.com

Waktu Operasional

Senin s/d Jumat: 8AM - 5PM

Supplier Besi Baja Murah di Medan, Jual Plat Kapal Murah. Untuk Anda yang sedang mencari Harga Plat Kapal Murah di Medan Silahkan Hub : 08126067928.

Plat Kapal
Plat Kapal

Pengertian Plat Kapal

Ukuran Plat besi secara umum adalah 4 x 8 feet, tetapi plat kapal ini berukuran lebih besar dari itu. Plat kapal standart memiliki ukuran 5 x 20 feet atau 6 x 20 feet yang ketebalannya mulai dari 3,0 mm sampai 25,0 mm. Sesuai dengan penamaannya plat ini dipergunakan dalam proses pembuatan badan kapal.

Ukuran plat yang besar akan memudahkan dalam proses pemasangan / pembuatan kapal. Bukan hanya untuk kapal saja plat kapal ini juga dipergunakan dalam dunia industry minyak dan gas dari bahan tangki ataupun tabung.

Plat kapal memiliki perbedaan dengan plat besi baja pada umumnya, karena kegunaanya pun juga berbeda. Selain memiliki kandungan yang ada dalam unsure utamanya, keunggulan lainya adalah memiliki bahan campuran lain di dalamnya.

Nantinya bahan campuran inilah yang akan sangat mempengaruhi laju korosi yang terjadi pada badan kapal. Bahan campuran inilah yang akan menambah kualitas dari plat kapal tersebut.

Pengaplikasian plat kapal ini juga sering dipergunakan sebagai bas plate, sering juga digunakan sebagai bahan utama dalam sambungan konstruksi. Penyambungannya dengan cara dilas, yang utama jika terjadi permasalahan dimana bahan yang digunakan tidak cukup atau berada di posisi yang sulit.

Tetapi pada umumnya plat ini sering digunakan pada saat pembuatan kapal, tabung, karoseri kendaraan dan masih banyak lagi yang lainya.

Kegunaan Plat Kapal

Plat ini juga bisa digunakan sebagai bantalan jalan untuk kendaraan berat. Contohnya saat di situasi konstruksi terkadang memiliki akses jalan yang sulit terlalu becek atau terjal dan kadang berlumpur.

Saat itulah plat kapal digunakan sebagai media agar akses jalan untuk mobilitas crane atau excavator lancar. Bukan hanya itu, kendaraan lain yang melewati jalan tersebut akan lebih mudah dan jalan aman untuk dilalui.

Setiap baja memiliki kekuatan tarik terutama untuk pembangunan kapal. Kekuatan tarik pada plat baja untuk sebuah kapal terjadi pada lambung kapal yang utama kapal tangker, container dan cargo. Oleh karena itu konstruksi untuk bagian dek kapal mengalami penurunan ketebalan agar beban kapal terkurangi.

Pada kulit bagian bawah dan frame di bagian midship akan lebih tebal karena mengalami defleksi yang besar juga.

Kekuatan tarik pada baja memiliki peran penting dalam membangun sebuah kapal. Karena sebuah plat baja juga akan mengalami kelelahan pada saat proses pengelasan. Bukan hanya kekuatan tarik baja yang perlu diperhatikan, tingkat korosi dari baja juga harus diperiksa dan harus mewaspadai hal itu.

Baja yang memiliki kekuatan tarik tinggi dipergunakan untuk konstruksi lambung yang sudah disetujui badan klasifikasi. Spesifikasinya meliputi metode pembuatan, komposisi kimia, perlakuan panas dan juga sifat mekanik dari baja tersebut.

Penempatan baja merupakan suatu cara / metode untuk membentuk logam dengan member panas pada baja tersebut. Pemanasan baja dengan menaikan suhu panas lalu baja ditempa dengan palu hingga membentuk bagian yang diinginkan.

Plat baja yang dipergunakan untuk pembuatan kapal ini berbeda dengan jenis baja pada umumnya. Sebagai perbandingan plat baja untuk kapal memiliki ini memiliki kandungan lain bukan hanya baja sebagai unsur utamanya. Campuran plat kapal yaitu karbon, fosfor dan sulfur.

Dari segi bentuk, plat baja memiliki dua jenis, plat lembaran (sheet) dan plat gulungan (coil). Sedangkan dari segi pembuatan juga terbagi dua, yakni plat lembaran/gulungan canai panas (hot rolled) dan plat lembaran/gulungan canai dingin (cold rolled).

Di pasaran, plat lembaran/gulungan canai panas (hot rolled) biasanya disebut ‘baja hitam’ sedangkan yang canai dingin disebut ‘baja putih’. Untuk plat kapal masih digolongkan ke ‘baja hitam’, namun karena peruntukannya sebagai bahan pembuat lambung kapal, maka plat jenis ini memerlukan penanganan produksi yang berbeda.

Permukaan plat juga masih dibagi dua kategori, yakni permukaan halus dan permukaan bergelombang. Yang permukaannya bergelombang biasanya disebut plat bordes, yaitu memiliki pola garis tertentu di atas permukaannya.

Contoh pemakaian plat bordes misalnya pada tangga atau pijakan di halte busway TransJakarta.

Plat baja lembaran canai panas (hot rolled plate) memiliki ketebalan dan ukuran yang berbeda. Namun, umumnya yang diproduksi secara massal oleh produsen adalah ukuran mulai dari 2 mm sampai dengan 50 mm.

Demikian informasi mengenai Jual Plat Kapal Murah di Medan. Silahkan kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi & Harga jual besi dan baja. Segera hubungi kami : Supplier Besi Baja.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *