Phone

0811-6529-808

Email

pt.sinarbaja.medan@gmail.com

Waktu Operasional

Senin s/d Jumat: 8AM - 5PM

Supplier Besi Baja Murah di Medan, Pipa Stainless Murah. Untuk Anda yang sedang mencari Pipa Stainless Murah di Medan Silahkan Hub : 08126067928.

Pipa Stainless Murah
Pipa Stainless Murah

Pipa merupakan peralatan yang sangat bermanfaat baik dalam rumah maupun sektor industri. Biasanya pipa juga dapat dgunakan untuk pelindung kabel, agar keamanannya lebih terjaga. Untuk memilih sebuah fungsi pipa tersebut perlu adanya memperhatikan sebuah bahan pembuat pipa tersebut.

Karena biasanya bahan tertentu itu akan menawarkan fungsi tersendiri. Sambungan pipa ini mempunyai banyak fungsi yang didapat. Seperti untuk mengalirkan fluida yang mengalirkan air, limbah, gas, dan beberapa hal lainnya.

Pengertian

Pipa Stainless ini merupakan jenis pipa besi yang biasanya ditutup menggunakan lapisan pelindung seng. Ada dua jenis dimana kandungan pipa jenis ini menggunakan bahan baja karbon rendah dan kemudian dilapisi dengan Stainless.

Pipa ini mempunyai bentuk yang beragam baik itubantuk U, H, C, Kotak, dan sebagainya. Dimana Pipa tersebut banyak memiliki ukuran dan bentuk. GI Galvanized Iron ini biasa disebut pipa baja Stainless sedangkan Galvanized Iron Pipe bisa disebut GIP. Dimana untuk ukuran paling popular yang sering digunakan adalah tipe standard dan sch 40. Untuk pipa yang tingkat ketebalannya tinggi yaitu Pipa sch 40.

Beberapa sifat Besi Stainless yang dimana dikenali seperti berikut ini :

  1. Pipa ini memiliki diameter umum yaitu ½, ¾, 1,1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, sampai dengan 10. Dan juga mempunyai panjang standard 6 meter.
  2. Biasanya mempunyai ketebalan yang bervariasi dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ketebalan itu tersedia dan dapat dipilih adalah 1 mm, 1 ½ mm, 2 mm, dan lainnya.
  3. Pipa ini menggunakan satuan ukuran standard meter, kaki, sentimeter, inci, dan juga milimeter.
  4. Pipa ini memiliki ketebalan berbeda dan akan terlihat ketika sudah diangkat.

Kegunaan Pipa Stainless

Pipa ini memiliki beberapa kegunaan yang bisa bermanfaat seperti berikut ini:

  • Dapat menjadi system saluran

Kegunaan pertama adalah pipa ini dapat menjadi system saluran. Hal ini bisa didapatkan karena pipa ini mempunyai lapisan seng yang berada dalam tabung. Sehingga keuntungan yang membuat pipa bahan Stainless ini tidak mudah berkarat dan biasanya cocok digunakan untuk saluran air. Pipa ini digunakan untuk saluran air yang ada di rumah, perumahan, mall, dan juga berbagai sector lainnya.

  • Untuk pemasangan listrik

Langkah selanjutnya adalah untuk pemasangan listrik dapat dimanfaatkan dari pipa bahan Stainless . Biasanya pipa ini sering digunakan untuk menjadi pipa pelindung saat melakukan instalasi listrik. Jenis ini mempunyai manfaat karena dapat meminimalisasi gangguan penghantar listrik. Bukan hanya itu jenis pipa ini juga menawarkan banyak manfaat. Karena bisa dengan mudah dibongkar dan dipasang pada perlindungan instalasi listrik.

  • Untuk kontruksi perumahan

Pipa Stainless ini tidak hanya digunakan untuk perlindungan kabel saja. Tetapi pipa Stainless ini juga digunakan untuk perumahan, tidak hanya dapat digunakan untuk sarana penyaluran. Nyatanya pipa ini juga dapat digunakan untuk tugas yang besar seperti kontruksi perumahan.

  • Menjadi bahan pembuatan knalpot

Pipa jenis ini merupakan pipa jenis yang dapat digunakan untuk rangka kendaraan dan biasanya yang sering adalah pembuatan knalpot. Pemasangannya pun sangat mudah yaitu menggunakan lem di ulirkan ke pipa. Biasanya pipa dari bahan Stainless ini juga dapat digunakan untuk pembuatan knalpot.

Pipa Stainless Murah

Pipa Stainless Murah
Pipa Stainless Murah

 

Pipa Baja (Steel Pipe)
Secara umum, ada 3 metode pembuatan pipa baja karbon, dimana juga metode tersebut menjadi nama untuk menyebutkan jenis pipa-pipa tersebut, (Carbon steel) yang digunakan untuk bidang migas dan industri. ketiga metode itu adalah metode Seamless pipe, butt-welded pipe dan spiral welded pipe, sebagai berikut:


1. Seamless pipe
Seamless pipe dalam arti bahasa artinya pipa tanpa sambungan. Dalam praktek pembuatannya, seamless pipe memang merupakan pipa yang dibentuk tanpa membuat sambungan sama sekali, sehingga tidak ada bagian dari pipa yang pernah terganggu atau berubah materialnya akibat panas pengelasan. Pipa ini dibuat dari baja silinder pejal, yang dilubangi dalam kondisi hampir meleleh, biasa disebut billet. Dengan metode pembuatan tanpa join tersebut, pipa yang dihasilkan dapat lebih baik karena kualitas baja yang dihasilkan adalah hampir sama pada setiap area permukaan pipa. Selain itu, ketebalan dengan menggunakan metode ini, pipa yang memiliki ketebalan berapapun memungkinkan untuk diproduksi.


2. Butt-welded pipe atau straight welded pipe
Atau disebut juga sebagai pipa UOE. Bahan baku pembuatan pipa ini adalah pelat baja dengan bentuk profil strip. Pelat baja tersebut dibentuk menjadi pipa dengan melengkungkan pipa tersebut kearah sumbu pendeknya dengan roll pembentuk (shaper roll) sehingga membentuk sebuah pipa. Celah pertemuan kedua sisi pelat strip tersebut kemudian di las memanjang sehingga membentuk sebuah pipa tanpa celah. Pipa ini memiliki keunggulan dimana kualitas dari dinding pipa sangat mudah untuk dikontrol dan memiliki ketebalan yang seragam.

Hal ini disebabkan karena pipa ini berasal dari pelat strip yang pembuatannya relatif sangat mudah untuk dikontrol kualitas dan ketebalan pelatnya, sehingga hasil saat dibuat menjadi pipa pun relatif sama baiknya dengan kualitas pelatnya sebelum jadi. Selain itu, pipa ini memiliki keunggulan karena mudah untuk difabrikasi. Namun didalam industri migas, pipa jenis ini lebih sering ditemukan dalam bentuk elbow. Pipa jenis ini dihindari sebagai pipa panjang karena memilik kelemahan pada sambungan las kedua tepi pelat strip pada saat pembuatannya, dimana memerlukan inspeksi pada area pengelasannya, memanjang sepanjang pipa tersebut.


3. Spiral welded pipe
Dalam pasaran Indonesia biasa disebut pipa spiral, ada juga yang menyebutnya pipa casing. Meskipun namanya demikian, bukan berarti pipa ini berbentuk spiral, namun lebih merujuk kepada bahan baku pembuatannya yang merupakan pelat baja strip yang dibentuk menjadi spiral dan kemudian disambung sehingga membentuk sebuah pipa. Dalam sistem perpipaan, jenis pipa ini sangat dibatasi penggunaannya hanya untuk kebutuhan pipa dengan tekanan rendah karena ketipisannya. Bahkan dalam industri migas, pipa ini tidak digunakan dalam sistem pipa bertekanan, kebanyakan hanya digunakan sebagai casing untuk pondasi, atau pun sebagai pipe support.

Keuntungan pipa ini adalah dapat dibuat menjadi sangat besar dengan mudah. Namun pipa ini memiliki kelemahan dimana ketebalan untuk dapat membuat pipa spiral cukup terbatas, sehingga pipa ini relatif tipis. Selain itu, jumlah sambungan yang cukup banyak per satuan panjangnya membuat inspeksi pengelasan menjadi jauh lebih banyak dari pada straight welded pipe apabila akan digunakan sebagai pipa bertekanan. Jenis pipa ini banyak digunakan pada pekerjaan proyek-proyek sipil; jembatan, pelabuhan, dermaga dan gedung.

Pada proyek-proyek yang menerapkan spesifikasi teknis tinggi, perlu diperhatikan dalam hal mobilisasi, apalagi jika melalui beberapa kali handling misalnya dibawa dari laut dilanjutkan melalui darat untuk menuju ke lokasi proyek.

Diperlukan metode handling material tersebut dengan menggunakan alat lifting gear yang sesuai, mobilisasi via darat diperlukan ruang antar pipa di truck trailer untuk menghindari gesekan antar pipa (terutama pada sambungan spiral pipe). Pipa spiral banyak digunakan sebagai distributor cairan kimia bertekanan rendah dalam industri kimiawi (atau yang banyak menggunakan aliran zat kimia dalam jumlah besar).

Demikian informasi mengenai Pipa Stainless Murah di Medan. Silahkan kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi dan Harga jual besi dan baja. Segera hubungi kami : Supplier Besi Baja.

Demikian informasi mengenai Pipa Stainless Murah.

PT. SINARTECH MULTI PERKASA

Address: Jl. Sutomo Ujung No.70, Durian, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20236

Kota Medan – Sumatera Utara

Kami juga menerima pemesanan jasa di luar Kota Medan seperti Pekan Baru, Palembang, Jambi dan Aceh dan Sekitarnya.

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *