Phone

0811-6529-808

Email

pt.sinarbaja.medan@gmail.com

Waktu Operasional

Senin s/d Jumat: 8AM - 5PM

Plat Boiler Murah dan List Harganya. Untuk Anda yang sedang mencari Plat Boiler Murah di Medan Silahkan Hub : 08126067928

Plat Boiler
Plat Boiler

Apa itu Plat Boiler?

Boiler atau ketel uap adalah suatu bejana/wadah yang di dalamnya berisi air atau fluida lain untuk dipanaskan. Energi panas dari fluida tersebut selanjutnya digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk turbin uap, pemanas ruangan, mesin uap, dan lain sebagainya. Secara proses konversi energi, boiler memiliki fungsi untuk mengkonversi energi kimia yang tersimpan di dalam bahan bakar menjadi energi panas yang tertransfer ke fluida kerja.

Air panas atau tekan panas uap dapat digunakan untuk mentransfer panas ke dalam suatu process. Air sangat berguna dan merupakan media yang murah untuk mentransfer panas ke suatu proses/sistem. Ketika air diuapkan volumenya akan meningkat sebesar 1600 kali, dan memproduksi gaya yang hampir sama dengan ledakan bubuk mesiu. Maka dari itu boiler adalah salah satu alat yang membutuhkan perawatan ekstra.

Bejana bertekanan pada boiler umumnya menggunakan bahan baja dengan spesifikasi tertentu yang telah ditentukan dalam standard ASME (The ASME Code Boilers ), terutama untuk penggunaan boiler pada industri-industri besar. Dalam sejarah tercatat berbagai macam jenis material digunakan sebagai bahan pembuatan boiler seperti tembaga, kuningan, dan besi cor. Namun bahan-bahan tersebut sudah lama ditinggalkan karena alasan ekonomis dan juga ketahanan material yang sudah tidak sesuai dengan kebutuhan industri.

Panas yang diberikan kepada fluida di dalam boiler berasal dari proses pembakaran dengan berbagai macam jenis bahan bakar yang dapat digunakan, seperti kayu, batubara, solar/minyak bumi, dan gas. Dengan adanya kemajuan teknologi, energi nuklir pun juga digunakan sebagai sumber panas pada boiler.

Spesifikasi

Plat Boiler ini sering diaplikasikan dalam keseluruhan bangunan dengan komposisi standart konstruksi. Standart untuk biro pada klasifikasi Boiler yaitu ABS, BKI, DNV, LR dan dari klas baja : A, B, C, D serta E. Kemudian Grade : A, B, D, E, AH32-AH40, DH32-DH40, A32 dan yang lainya. Semuanya memiliki ketebal : 8 mm sampai dengan 100 mm dan lebar : 1500 mm. Sampai dengan 2700 mm dengan panjang : 6 m sampai dengan 13 m.

Plat Boiler memiliki batas lumer 24 kg/mm2 yang memiliki kekuatan tarik 41 kg/mm2. Sampai dengan 50 kg/mm2 dan renggangan patah minim 22 persen. Jenis Plat ini menggunakan tegangan yang tinggi dan juga memiliki sifat mekanis. Tegangan yang lumer dengan minimal 32 kg/mm2 dan kekuatan tarik 48 kg/mm2 hingga 60 kg/mm2. Untuk tegangan lumer minimum 36 kg/mm2, kekuatan tariknya 50 kg/mm2 sampai dengan 63 kg/mm2. Bukan hanya itu Plat Boiler juga digunakan baja tempa yang memiliki kekuatan tarik minimal 41 kg/mm2.

Pemakaian plat baja dalam pembangunan Boiler memiliki resiko kerusakan lumayan tinggi. Yang utama terjadinya korosi pada Plat Boiler baja yang merupakan proses electrokimia. Sesuai dengan posisi plat dalam lambung Boiler, contohnya pada plat lengkung bagian buritan Boiler. Posisi dari plat baja lambung Boiler terbagi menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Harus tetap di dalam air ( plat lajur alas, plat lajur bilge dan juga Plat Boiler lajur sisi sampai sarat minimal).
  2. Keluar dan masuk air ( plat lajur sisi Boiler dari syarat minimal sampai syarat maksimal ).
  3. Tidak tercelup air ( plat lajur sisi mulai dari syarat maksimal sampai main deck Boiler ).

Bagian badan Boiler yang memiliki lekungan penting adalah pada lajur bilga pada haluan sampai pada bagian belakang Boiler. Kemudian mengikuti bentuk yang badan Boiler pada rencana garis. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek tahanan pada Boiler seminimal mungkin. Sehingga daya mesin induk yang digunakan pada Boiler dapat lebih efisien.

Keunggulan Plat Boiler

Keunggulan dari Plat Boiler ini yaitu mendukung dengan unsur lain selain baja sebagai unsur utama. Unsur dan campuran tersebut sangat berpengaruh terhadap laju korosi yang terjadi pada Boiler. Dalam unsur-unsur campuran tersebut tentunya wajib menambahkan kualitas dari plat.

Kelebihan Plat baja untuk Boiler pada tingkat ketahanan terhadap korosi dalam air laut. Bukan hanya mempunyai kekuatan tarik yang bagus. Tetapi plat baja Boiler mempunyai kadar karbon untuk melinungi dari korosi. Untuk itu plat baja pada Boiler dibuat khusus. Dilihat dari tingkat kekerasan atau kekuatan tariknya, plat baja Boiler ini lebih baik dari pada plat baja yang lainnya.

Dalam sertifikasi plat baja pada Boiler melewati tahap pengujian dan serangkaian tes uji material. Melalui uji material dalam Plat Boiler bisa digunakan untuk mengetahui performa dari materialnya. Jenis Plat Boiler ini ketika berada di laut akan mengalami defleksi. Ini yang mungkin terjadi akibat gesekan diantara aliran air laut dengan badan Boiler atau Plat Boiler.

Daftar Harga Plat Boiler

List Harga Plat Boiler
List Harga Plat Boiler

 

Demikian informasi mengenai Harga Plat Boiler Murah di Medan. Silahkan kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi & Harga jual besi dan baja. Segera hubungi kami : Supplier Besi Baja.

Recommended Articles

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *